Telkomsel kini tengah gencar-gencarnya mengakselerasi transformasi digital berbasis teknologi internet of things (IoT). Mereka bekerjasama dengan PT Barindo Anggun Industri untuk mengimplementasikan pemanfaatan teknologi Narrowband internet of things (NB IoT) kedalam alat ukur penggunaan air guna memberi solusi yang disebut Smart Water Meter.

Pihak Telkomsel juga mengemukakan bahwa transformasi digital dalam bidang industri melonjak pesat di tengah-tengah pandemi.

Banyak badan usaha yang terus berbenah demi menghadirkan solusi terbaru supaya bisa terus memberikan pelayanan dan solusi yang maksimal pada pelanggannya.

Sekedar informasi, teknologi NB IoT dapat memberikan ketahanan baterai yang cukup lama, yakni 10 tahun lebih dengan bayaran dan biaya modul yang rendah.

Belum tahu apa itu NB IoT? Simak ulasan berikut baik-baik.

Apa Itu NB IoT?

NB IoT, singkatan dari Narrowband Internet of Things  merupakan teknologi yang menggunakan low power wide area network dengan pengembangannya adakah 3GPP. Teknologi ini bertujuan agar komunikasi antar mesin semakin masif dan jangkauan konektivitas yang lebih luas.

Salah satu pemanfaatan teknologi ini adalah Smart Water Meter, yang berfungsi sebagai akses pelanggan dengan semua perangkat dan alat terhubung secara online dan pengelolaan server terpusat.

Teknologi NB IoT berfokus pada indoor coverage, bayaran yang rendah, serta daya tahan baterai yang lama. Ini menggunakan bagian kecil dari LTE,namun bandwith nya terbatas, yaitu 200kHz.

Selain itu, teknologi ini juga telah memenuhi standar 3GPP dan beroperasi pada frekuensi 900MHz.

Seperti yang telah kami jelaskan bahwa Telkomsel tengah gencar-gencarnya mengembangkan teknologi ini, ternyata perusahaan ini juga sudah menjalin kerjasama dengan universitas Indonesia, Banopolis, dan Huawei.

Pengimplementasian teknologi NB IoT pada universitas Indonesia dilakukan pada ekosistem sepeda kuning yang mulai berkembang sejak 2010.

Untuk menggunakan nya, anda membutuhkan aplikasi tambahan guna membuka gembok dengan memanfaatkan teknologi QR code.

Pengimplementasian lainnya juga terjadi pada lingkungan PLN dengan memanfaatkan teknologi ini pada smart meternya.

Pemanfaatan teknologi NB IoT ini tentu menguntungkan pelanggan PLN karena pembacaan meter yang dilakukan secara real time dan nirkabel.

Selain itu, pihak PLN pun kerap untung, karena dengan ini, potensi fraud atau kecurangan pada meter pelanggan dapat teratasi dan memberikan akurasi tagihan yang lebih tepat.

Keunggulan Narrowband Internet of Things

Pengembangan NB Internet of Things bertujuan untuk memungkinkan proses komunikasi yang efisien serta penggunaan baterai yang tahan lama.

Dulunya, pengembangan teknologi ini hanya berfokus di Eropa. Namun, tetap saja mengalami peluncuran secara komersial dan global pada tahun 2018.

Adapun salah satu keunggulan dari NB IoT adalah biaya modul yang rendah daripada teknologi lain seperti 3G, 4G dan GPRS.

Selain itu, teknologi ini mempunyai lebih banyak seluler pada tiap-tiap sel nya. Perangkat NB IoT menggunakan bandwidth 180KHz, sehingga mampu mendukung lebih dari 100.000 koneksi per sel.

Kemampuan penetrasi baik dalam ruangan maupun bawah tanah pun cukup baik pada teknologi ini.

Perlu anda ketahui, efesiensi bukanlah satu-satunya penentu kualitas konektivitas IoT. Selain efesiensi, konektivitas IOT juga harus cukup handal dalam menangani proses transmit data dengan akurasi tinggi.

Jika terjadi mis akurasi data akibat kegagalan koneksi, maka hal ini akan berakibat fatal terutama pada bidang-bidang seperti smart hospital.

Oleh karena itu, NB IoT adalah solusi konektivitas yang jauh lebih baik daripada LTE. Pembagian sumber daya juga akan lebih terjamin yang nantinya diperlukan untuk kualitas pelayanan yang terkelola.

4 Responses

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *