Tahukah kamu bahwa teknologi Kecerdasan Buatan atau istilah kerennya AI (Artificial Intelligence)saat ini sudah banyak bertebaran dan diterapkan di berbagai bidang kehidupan. Lebih-lebih AI dapat kamu jumpai di dalam kehidupan sehari-hari, seperti asisten virtual Google dan Siri contohnya.

Artifical Intelligence memang bukan hal yang baru, tapi perkembangannya selalu jadi sesuatu yang menarik perhatian. Di dalam pertumbuhan AI tak hanya karena perannya  menolong manusia, juga didukung banyaknya kehadiran film fiksi ilmiah yang berkenaan  dengan AI. Agar semakin meningkatkan ketertarikan orang pada AI.

Berikut Beberapa Dasar Artifical Intelligence

Wajib kamu ketahui juga, AI tidak selalu berupa asisten virtual seperti Jarvis pada film Iron Man atau selalu di dalam bentuk robot. Tetapi AI lebih luas  dari tersebut. AI bisa diterapkan di dalam bermacam hal dengan tekankan pada kecerdasan mesin yang dapat menambahkan respon seperti manusia.

Mengenal Artifical Intelligence

Kecerdasan Buatan atau Artificial Intelligence (AI) adalah simulasi dari kecerdasan yang dimiliki oleh manusia yang dimodelkan di dalam mesin dan diprogram sehingga bisa berpikir seperti halnya manusia.

Sedangkan menurut Mc Leod dan Schell, Artifical Intelligence adalah kegiatan penyediaan mesin seperti komputer dengan kemampuan untuk menampilkan perilaku yang diakui sama cerdasnya dengan kemampuan yang dilakukan oleh manusia.

Dengan kata lain AI merupakan platform komputer yang bisa melakukan pekerjaan-pekerjaan yang umumnya memerlukan tenaga manusia atau kecerdasan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan itu.

Contoh Artifical Intelligence

Artifical Intelligence atau AI ini sudah banyak diterapkan di beragam bidang seperti industri, medis, pendidikan, usaha lebih-lebih di dalam kehidupan sehari-hari. Berikut ini sebagian contoh  dari penerapan AI yang biasa kamu jumpai di dalam kehidupan sehari-hari.

1.Deepface Facebook

Salah satu contoh  dari AI adalah teknologi Deepface yang dimiliki oleh Facebook. AI ini bermanfaat untuk mengenali wajah orang yang ada pada postingan foto. Dengan teknologi ini, kamu tidak perlu lagj menandai seseorang yang ada pada foto secara manual, dikarenakan AI ini yang akan melakukannya.

Kemungkinan kamu bertanya-tanya,  dari mana AI tersebut menyadari bahwa orang yang ada pada foto itu adalah kamu? Harus kamu ketahui bahwa sebelum AI bisa mengidentifikasi orang di foto tersebut, AI telah dilatih berdasarkan informasi.

2.Rekomendasi E-Commerce

Konsep penerapan AI yang kerap kamu jumpai salah satunya adalah rekomendasi product pada e-commerce. Bisa saja kamu dulu berbelanja di salah satu e-commerce dan ketika kamu berbelanja ada product-product yang direkomendasikan untukmu.

Product yang direkomendasikan itu tidak  dari seseorang yang memprediksi kira-kira kamu beli apa ya? Product rekomendasi itu merupakan hasil  dari proses AI. Lalu darimana AI mendapat product-product yang akan direkomendasikan itu?

AI mendapat informasi  dari kamu sendiri, misalnya ketika kamu melakukan pencarian product, pembelian product dan kamu sudah melihat product apa saja. Information tersebutlah yang akan diproses dari konsep AI yaitu informasi mining agar AI  merekomendasikan product-product yang pas buat kamu.

3.Asisten Virtual

Contoh dari Artifical Intelligence berikutnya adalah asisten virtual, ada banyak penyedia asisten virtual seperti Google assistant, Siri atau Alexa. Seperti asisten pada umumnya, asisten virtual ini juga dapat kamu ajak berinteraksi.  Tidak cuman tersebut asisten virtual bisa mencatat kapan kamu ada janji atau acara dan memberi tambahan berita ketika waktu acara yang ditentukan telah tiba.

Sedikit penjelasan mengenai AI. Tanpa disadari, hidup kita akhir-akhir ini terbantu  dengan Artifical Intelligence ini. Bagaimana pendapat kalian? Semoga ulasan dasar ini bermanfaat, ya!

197 Responses

  1. Demo Slot Starlight Princess 1000 Tools To Help You Manage Your Daily Lifethe
    One Demo Slot Starlight Princess 1000 Trick That Every Person Must Learn demo slot
    starlight princess 1000 (regafaq.ru)

  2. The EPA prohibits the manufacturing or importation, processing or
    distribution of most asbestos-containing products.
    However, certain asbestos-related claims
    are still on the court dockets.

    Also visit my web site … Vimeo.Com

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *